You need to enable javaScript to run this app.

Gebyar Vaksinasi SMAN 1 Sukaresmi

  • Rabu, 25 Agustus 2021
  • Admin Web
Gebyar Vaksinasi SMAN 1 Sukaresmi

Gebyar Vaksinasi SMAN 1 Sukaresmi

 

Oleh: Casminih, S.Pd., M.Pd.

(Guru SMAN 1 Sukaresmi)

 

            Hingga saat ini, pandemi belum juga usai. Imbas dari hal itu tentu saja merugikan dan menghambat banyak hal. Salah satunya berdampak kepada penyelenggaraan pembelajaran. Belum ada satu pun sekolah yang diizinkan menyelenggarakan belajar mengajar dengan tatap muka secara normal. Turun naiknya zona level pandemi suatu wilayah, berimbas kepada kebijakan pemerintah mengenai seperti apakah moda pembelajaran yang harus dilaksanakan.

            Segenap pendidik, peserta didik, dan pemangku kebijakan pendidikan, sudah merindukan pembelajaran tatap muka seperti sebelum pandemi tiba. Namun, apalah daya, kesehatan seluruh unsur yang terlibat dalam berjalannya  pendidikan tentu saja yang harus diutamakan. Ketika level pandemi melandai, penyelenggaraan pembelajaran blended learning, diizinkan. Suatu ketika apabila level kembali naik, hanya belajar melalui jaringan yang diperbolehkan. Moda Daring (dalam jaringan) merupakan cara pembelajaran yang ditempuh lembaga pendidikan untuk mencerdaskan anak bangsa. Praktis, tatap muka secara langsung antara pendidik dan peserta didik, tertutup rapat.

            Berbagai upaya ditempuh oleh pemerintah, khususnya pemerintahan Kabupaten Cianjur Jawa Barat, agar pembelajaran berjalan seperti sedia kala. Pemerintah mewajibkan vaksinasi kepada seluruh pendidik dan tenaga kependidikan. Terutama di SMAN 1 Sukaresmi Cianjur, seluruh guru dan tenaga administrasi sekolah telah melaksanakan vaksinasi hingga tuntas (tahap 1 dan 2).  Prokes diterapkan dengan ketat kepada seluruh civitas akademika yang harus bertatap muka langsung di sekolah untuk kepentingan pelaksanaan administrasi pembelajaran.

            Setelah pendidik dan tenaga kependidikan tuntas melaksanakan vaksinasi, kini giliran para siswa yang mendapat suntikan imun tubuh. Tim Satgas Covid-19 SMAN 1 Sukaresmi yang dikomandoi oleh Dadan Hamdani, S.Pd., cepat tanggap akan program pemerintah tentang vaksinasi untuk peserta didik. Kerjasama dengan seluruh pemangku kebijakan terkait, dilakukan. Pemerintah Daerah Kabupaten Cianjur, KCD Wilayah VI Jawa Barat, Polres Kab. Cianjur, Polsek, Puskesmas, hingga Pemerintah Desa, memberikan dukungan sepenuhnya untuk penyelenggaraan vaksinasi seluruh siswa SMAN 1 Sukaresmi.

            Hari Selasa, 24 Agustus 2021, Dra. Hj. Rita Murniasih, M.M.Pd. selaku pimpinan SMAN 1 Sukaresmi Cianjur, mengawal kegiatan vaksinasi siswa. Sejumlah 1.420 peserta didik, direncanakan mendapatkan suntikan imun tubuh. Sebagai pihak penyedia vaksin dan Tim Vaksinator yaitu Polres Kabupaten Cianjur. PKM Sukaresmi terlibat sebagai pembantu pelaksana kegiatan. Pelaksanaan kegiatan akbar ini dihadiri oleh Kabag SDM Polres Cianjur, Pemda Kab. Cianjur, Kacadin Wilayah VI, Muspika Kec. Sukaresmi, Ketua MKKS Kab. Cianjur, dan para undangan lainnya.

            Kegiatan yang melibatkan seluruh guru, staf tata laksana, dan caraka itu digelar mulai pukul 07.00 dan selesai pukul 18.10. Tercatat data: 1) melaksanakan registrasi sejumlah 1.096 siswa, 2) lolos persyaratan vaksin sejumlah 982 siswa, 3) ditunda vaksin sejumlah 114 siswa, 4) tidak hadir sejumlah 292 siswa, dan 5) telah vaksin mandiri sejumlah 32 siswa.

            Inilah bukti keseriusan pemerintah dalam mendukung terselenggaranya kegiatan pendidikan dengan baik. Seluruh tenaga pendidikan dan kependidikan serta seluruh peserta didik harus memiliki persiapan imunitas yang baik. Dengan demikian, tubuh dengan kesehatan prima dipersiapkan untuk menghadapi situasi pandemi. Pembelajaran tatap muka normal adalah keinginan seluruh pihak. Semoga harapan sederhana menuju cita-cita pendidikan, akan segera terwujud.

Bagikan artikel ini:
Dra. Hj. Rita Murniasih, M.M.Pd

- Kepala Sekolah -

Assalamu’alaikum Wr.Wb.                   Puji syukur tak henti-hentinya kita panjatkan kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan karunia-Nya Pembangunan Web dapat…

Berlangganan