RASIONALITAS KEWIRAUSAHAAN SMANLA

1. LATAR BELAKANG

kewirausahaan SMA Negeri 1 Sukaresmi yang berlokasi di Desa Kawungluwuk kecamatan Sukaresmi Km. 4, berdiri sejak tahun 2019 adalah kelompok pengembangan kompetensi kewirausahaan guru dan siswa yang bertujuan untuk memberdayakan potensi peserta didik yang berdampak langsung terhadap potensi hasil pertanian masyarakat lingkungan sekolah.

Mobilitas masyarakat yang semakin tinggi memerlukan kondisi kesehatan yang optimal. Kondisi kesehatan tubuh tentunya tidak bisa terlepas dari mengonsumsi makanan yang sehat. Banyak penyakit yang ditimbulkan karena cara mengonsumsi makanan yang salah.

           Saat ini banyak makanan dan minuman yang ditawarkan sebagai produk suplemen yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Makanan sehat adalah makanan yang mengandung nutrisi yang beragam dan seimbang yang diperlukan oleh tubuh. Makanan kesehatan sebagai salah satu produk yang sudah dikenal masyarakat secara luas. Banyak dijumpai di pasaran dengan berbagai merek dan kemasan yang berbeda beda. Kecenderungan masyarakat saat ini adalah lebih suka menggunakan produk yang kemasan dan penyajiannya lebih praktis dan cepat, karena tidak memerlukan banyak waktu dalam mempersiapkannya. Salah satu minuman kesehatan yang dapat dijumpai adalah minuman kunyit instan, produk tersebut dibuat dengan menggunakan kunyit ditambah rempah-rempah yang diolah dengan cara khusus.

            Berdasarkan potensi kesehatan dan gizi yang terkandung dalam kunyit (Curcuma longa), serta dapat memanfaatkan produk pertanian di sekitar lingkungan sekolah tim kewirausahaan SMA Negeri 1 Sukaresmi mencoba untuk membuat minuman kunyit instan. Pembuatan minuman kunyit instan didasari oleh keinginan untuk menciptakan produk yang praktis dan efisien, juga oleh tingginya kebutuhan masyarakat akan kesehatan. Apalagi daerah Cipanas-sukaresmi kabupaten cianjur adalah daerah dingin, makanan yang dapat menghangatkan tubuh tentu diperlukan. Minuman kunyit instan dipilih karena lebih praktis dan banyak bagi kesehatan.

2. RANCANG BABGUN DAN POKOK PERUBAHAN INOVASI YANG

DILAKUKAN

a. Uraian Singkat Tahapan Pembentukan Inovasi Mulai dari Perencanaan, Uji Coba Hingga Penerapan.

Kelompok kewirausahaan SMA Negeri 1 Sukaresmi yang berlokasi di desa Kawungluwuk kecamatan Sukaresmi berdiri sejak tahun 2019 adalah kelompok pengembangan kompetensi kewirausahaan guru dan siswa yang bertujuan untuk memberdayakan potensi peserta didik yang berdampak langsung terhadap potensi hasil pertanian masyarakat lingkungan sekolah.

Mobilitas masyarakat yang semakin tinggi memerlukan kondisi kesehatan yang optimal. Kondisi kesehatan tubuh tentunya tidak bisa terlepas dari mengonsumsi makanan yang sehat. Banyak penyakit yang ditimbulkan karena cara mengonsumsi makanan yang salah.

Saat ini banyak makanan dan minuman yang ditawarkan sebagai produk suplemen yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Makanan sehat adalah makanan yang mengandung nutrisi yang beragam dan seimbang yang diperlukan oleh tubuh. Makanan kesehatan sebagai salah satu produk yang sudah dikenal masyarakat secara luas. Banyak dijumpai di pasaran dengan berbagai merek dan kemasan yang berbeda beda. Kecenderungan masyarakat saat ini adalah lebih suka menggunakan produk yang kemasan dan penyajiannya lebih praktis dan cepat, karena tidak memerlukan banyak waktu dalam mempersiapkannya.

Salah satu minuman kesehatan yang dapat dijumpai adalah minuman kunyit instan, produk tersebut dibuat dengan menggunakan kunyit ditambah rempah-rempah yang diolah dengan cara khusus.

Berdasarkan potensi kesehatan dan gizi yang terkandung dalam kunyit (Curcuma longa), serta dapat memanfaatkan produk pertanian di sekitar lingkungan sekolah tim kewirausahaan SMA Negeri 1 Sukaresmi mencoba untuk membuat minuman kunyit instan. Pembuatan minuman kunyit instan didasari oleh keinginan untuk menciptakan produk yang praktis dan efisien, juga oleh tingginya kebutuhan masyarakat akan kesehatan. Apalagi daerah Cipanas-sukaresmi kabupaten cianjur adalah daerah dingin, makanan yang dapat menghangatkan tubuh tentu diperlukan. Minuman kunyit instan dipilih karena lebih praktis dan baik bagi kesehatan.

b. Pokok Perubahan yang Membedakan dengan Inovasi Sejenis

Inovasi yang dilakukan kelompok kewirausahaan SMA Negeri 1 Sukaresmi sejak pertengahan tahun 2020 membuat suatu gagasan melakukan pengembangan inovasi pada produk minuman yang sekarang dalam pengolahan produknya. Dari pengolahan secara konvensional menjadi pengolahan yang lebih modern, diantaranya pengemasan prodak menggunakan bahan alumunium foil yang didesain, proses pembuatan menggunakan mesin, jenis mendaftarkan produk ke dinas Kesehatan dan melakukan pengembangan jenis produk secara bertahap. 

c. Tabel yang Berisikan Informasi tahapan Waktu Perencanaan, Uji Coba dan Penerapan

Tabel Tahapan Inovasi

No.

Waktu

Indikator Inovasi

Keterangan

1.

2020

Perencanaan

§  Penyusunan ide gagasan pembuatan minuman kunyit instan

·         Membentuk tim kerja

 

2.

2020

Uji coba

§  Membuat minuman kunyit cair

§  Membuat minuman kunyit instan

§  Belum menggunakan kemasan standar

§  Menggunakan alat-alat konvensional

3.

2021-2023

Penerapan Inovasi

§  Membuat kemasan standar

§  Mendaftarkan nomor PIRT

§  Pengolahan menggunakan mesin modern

§  Pemasaran menggunakan media social elektronik

§  Publikasi produk

§  Membentuk pasar khusus

§  Inovasi Marketing

Pemasaran produk dilakukan secara konvensional (pemasaran produk dengan membuka toko/ gerai café lot22.

Kemudian dilakukan pengembangan marketing secara online melalui website, Instagram, dan whatsap digital dan barcode lebeling.

Table 1 Inovasi pembuatan minuman kunyit instan

d. Ketersediaan SDM yang Mengelola Inovasi

Kondisi tersebut didukung oleh beberapa aspek diantaranya ada dukungan dari pimpinan sekolah, guru dan peserta didik sehingga menciptakan iklim inovasi yang kondusif untuk memberdayakan potensi-potensi yang ada untuk menciptakan produk-produk inovatif. Hal tersebut dikuatkan dengan adanya keberadaan ahli di Lembaga-lembaga pemerintah dalam hal ini dinas Kesehatan, dan pihak ketiga yang keberadaannya tidak mengikat untuk mendukung pasar dari produk minuman kunyit instan. 

Struktur Organisasi Kewirausahaan

SMA Negeri 1 Sukaresmi

Tahun 2022-2023

 

Penanggung Jawab

: Dr. Dede Sadan Nurjaman, M. M.Pd.

Ketua Tim Pengelola

: Dody Kurniawan, S.Pd., M.M.

Wakil Ketua

: Moch Ihsan Syaban, S.Pd.

Sekretaris

: Prativi Arif Susilo, S.Pd.

Bendahara

: Sri Nurlaelasari, S.Pd.

Koordinator Budidaya

 

Tanaman Hias

: Drs. Asep Surya Atmaja, M., M.Pd.

 

  Dra. Iis Nurhatini

 

  Nursetiadi, S.Pd.

 

  Arif Budiman, S.Pd.

Koordinator Budidaya

 

Hidroponik

: Nina Astriyana, S.Pd.

 

  Titin Sartini, S.Pd.

Koordinator

 

Pengolahan Toga

: Euis Iskantini

 

  Rani Dewi Rubianti, S.Pd.

 

  Ika Wahyuni

Koordinator Sarana

 

dan Prasarana

: Muhaemin, S.Pd.

Koordinator Promosi,

 

Pemasaran dan Divisi IT

: Muhamad Nur, S.Pd.

 

  Mareza Riane Maharis, S.Pd.

 

  Muhammad Rendi Ramdani, S.Pd.

     

 e. Persentase Pemanfataan Sumber Daya Lokal

Pembuatan produk minuman kunit instan ini memberikan dampak positif di lingkungan internal sekolah dan di luar lingkungan sekolah. Pasokan bahan baku produk ini banyak melibatkan petani-petani local dengan persentase 40% : 60 % antara dari hasil kebun sekolah dan petani local. Konsep kebersamaan dan keberlanjutan ini diharapkan bisa menjembatani antara dunia usaha dan dunia Pendidikan yang terus berkembang.

 f. Kemudahan untuk direplikasi

Pada dasarnya produk ini bisa direflikasi dengan mudah, namun memerlukan serangkaian ujicoba produk kunyit instan dengan takaran yang sesuai sehingga membedakan dengan produk sejenis lainnya.

3. TUJUAN INOVASI

  1. Untuk menunjang pelaksanaan program ketahanan pangan di masyarakat
  2. Untuk mengembangkan kewirausahaan SMA Negeri 1 Sukaresmi
  3. Menjadikan salah satu makanan alternatif yang menyehatkan bagi tubuh.
  4. Mengembangkan kreativias dan inovasi peserta didik
  5. Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama bagi para petani kunyit

 

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
PRODUK KEWIRAUSAHAAN SMA NEGERI 1 SUKARESMI

          mangkucir alfabet99 alfabet99 tv alfabet99 link alfabet66

15/06/2023 09:15 WIB - DR. DEDE SADAN NURJAMAN, M.M.PD
PPDB SMAN 1 SUKARESMI Tahun Pelajaran 2022-2023

PPDB SMAN 1 SUKARESMI dilaksanakan secara online dengan menggunakan aplikasi atau web ppdb.jabarprov.go.id. Gambar diatas merupakan informasi dari PPDB Tahun Pelajaran 2022-2023, dimul

14/06/2022 10:22 WIB - DR. DEDE SADAN NURJAMAN, M.M.PD
Hymne SMAN 1 Sukaresmi

serumu syahdu sejuk di kalbutempat berguru menuntut ilmubaktimu suci tiada henti melatih diri demi pertiwi tiada lelah pantang menyerahdalam berjuang tuk kebajikankuatkan iman luhurkan

02/03/2022 14:48 WIB - DR. DEDE SADAN NURJAMAN, M.M.PD
Mars SMAN 1 Sukaresmi

Mars SMAN 1 Sukaresmi   SMA Negeri Satu sukaresmiSiap menyangsang masa depan baruuntuk meraih kebahagiaanayo singsingkan lengan bajuberkarja terus lah majurajutlah semua kesuksesan

02/03/2022 14:48 WIB - DR. DEDE SADAN NURJAMAN, M.M.PD
SEGERA

23/06/2021 10:02 WIB - DR. DEDE SADAN NURJAMAN, M.M.PD